Sanad Kitab dan Biografi para Perawinya
فِي بَيَانِ إِسْنَادِ الْكِتَابِ وَحَالِ رُوَاتِهِ مِنَّا إِلَى الْإِمَامِ مُسْلِمٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مُخْتَصَرًا.
Mengenai penjelasan sanad kitab ini dan keadaan para perawinya dari kami hingga Imam Muslim *radhiyallahu 'anhu* secara ringkas.أَمَّا إِسْنَادِي فِيهِ: فَأَخْبَرَنَا بِجَمِيعِ صَحِيحِ الْإِمَامِ مُسْلِمِ بْنِ الْحَجَّاجِ رَحِمَهُ اللهُ الشَّيْخُ الْأَمِينُ الْعَدْلُ الرِّضَى أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ أَبِي حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ مُضَرَ الْوَاسِطِيُّ رَحِمَهُ اللهُ بِجَامِعِ دِمَشْقَ حَمَاهَا اللهُ وَصَانَهَا وَسَائِرَ بِلَادِ الْإِسْلَامِ وَأَهْلَهُ.
Adapun sanad saya di dalamnya: Telah mengabarkan kepada kami seluruh isi Sahih Imam Muslim bin al-Hajjaj *rahimahullah*, oleh Syekh yang amanah, adil, dan diridhai, Abu Ishaq Ibrahim bin Abi Hafsh Umar bin Mudhar al-Wasithi *rahimahullah* di Masjid Jami' Damaskus—semoga Allah melindunginya, menjaganya, serta seluruh negeri Islam dan penduduknya.
قَالَ: أَخْبَرَنَا الْإِمَامُ ذُو الْكُنَى أَبُو الْقَاسِمِ أَبُو بَكْرٍ أَبُو الْفَتْحِ مَنْصُورُ بْنُ عَبْدِ الْمُنْعِمِ الْفُرَاوِيُّ.
Beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Imam yang memiliki banyak *kunyah* (nama panggilan), Abu al-Qasim, Abu Bakr, Abu al-Fath Manshur bin Abdil Mun'im al-Furawi.
قَالَ: أَخْبَرَنَا الْإِمَامُ فَقِيهُ الْحَرَمَيْنِ أَبُو جَدِّي أَبُو عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ الْفُرَاوِيُّ.
Beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Imam, Fakih (ahli fikih) Dua Tanah Haram, ayah dari kakekku, Abu Abdillah Muhammad bin al-Fadhl al-Furawi.
قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ عَبْدُ الْغَافِرِ الْفَارِسِيُّ، قَالَ: أَنَا أَبُو أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى الْجُلُودِيُّ.
Beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abu al-Husain Abdul Ghafir al-Farisi, beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abu Ahmad Muhammad bin Isa al-Juludi.
قَالَ: أَنَا أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ الْفَقِيهُ، أَنَا الْإِمَامُ أَبُو الْحُسَيْنِ مُسْلِمُ بْنُ الْحَجَّاجِ رَحِمَهُ اللهُ.
Beliau berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan al-Faqih, (beliau berkata): Telah mengabarkan kepada kami Imam Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj *rahimahullah*.
وَهَذَا الْإِسْنَادُ الَّذِي حَصَلَ لَنَا وَلِأَهْلِ زَمَانِنَا مِمَّنْ يُشَارِكُنَا فِيهِ فِي نِهَايَةٍ مِنَ الْعُلُوِّ بِحَمْدِ اللهِ تَعَالَى، فَبَيْنَنَا وَبَيْنَ مُسْلِمٍ سِتَّةٌ.
Dan sanad ini yang telah kami peroleh, serta diperoleh oleh orang-orang di zaman kami yang berserikat dengan kami di dalamnya, berada pada puncak ketinggian (pendeknya rantai sanad) dengan memuji Allah Ta'ala, karena antara kami dan Muslim hanya ada enam perawi.
وَكَذَلِكَ اتَّفَقَتْ لَنَا بِهَذَا الْعَدَدِ رِوَايَةُ الْكُتُبِ الْأَرْبَعَةِ الَّتِي هِيَ تَمَامُ الْكُتُبِ الْخَمْسَةِ الَّتِي هِيَ أُصُولُ الْإِسْلَامِ.
Demikian pula, telah tercapai bagi kami dengan jumlah (perawi) ini periwayatan empat kitab, yang merupakan penyempurna dari lima kitab yang menjadi pokok-pokok Islam.
أَعْنِي صَحِيحَيِ الْبُخَارِيِّ وَمُسْلِمٍ، وَسُنَنَ أَبِي دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيِّ وَالنَّسَائِيِّ.
Yang saya maksud adalah Sahih al-Bukhari dan Muslim, serta Sunan Abi Dawud, at-Tirmidzi, dan an-Nasa'i.
وَكَذَلِكَ وَقَعَ لَنَا بِهَذَا الْعَدَدِ مُسْنَدَا الْإِمَامَيْنِ أَبَوَيْ عَبْدِ اللهِ: أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، وَمُحَمَّدِ بْنِ يَزِيدَ أَعْنِي ابْنَ مَاجَهْ.
Demikian juga, telah sampai kepada kami dengan jumlah (perawi) ini Musnad dua Imam, yang keduanya berkunyah Abu Abdillah: Ahmad bin Hanbal dan Muhammad bin Yazid—yaitu Ibnu Majah.
وَوَقَعَ لَنَا أَعْلَى مِنْ هَذِهِ الْكُتُبِ - وَإِنْ كَانَتْ عَالِيَةً - مُوَطَّأُ الْإِمَامِ أَبِي عَبْدِ اللهِ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ.
Dan telah sampai kepada kami yang lebih tinggi (sanadnya) dari kitab-kitab ini—meskipun kitab-kitab tersebut sudah tinggi—yakni *al-Muwaththa'* karya Imam Abu Abdillah Malik bin Anas.
فَبَيْنَنَا وَبَيْنَهُ رَحِمَهُ اللهُ سَبْعَةٌ، وَهُوَ شَيْخُ شُيُوخِ الْمَذْكُورِينَ كُلِّهِمْ، فَتَعْلُو رِوَايَتُنَا لِأَحَادِيثِهِ بِرَجُلٍ، وَللهِ الْحَمْدُ وَالْمِنَّةُ.
Karena antara kami dan beliau (Imam Malik) *rahimahullah* ada tujuh perawi, sedangkan beliau adalah guru dari guru-guru mereka yang disebutkan semuanya, maka periwayatan kami terhadap hadis-hadisnya menjadi lebih tinggi satu orang, dan segala puji serta karunia hanya milik Allah.
وَحَصَلَ فِي رِوَايَتِنَا لِمُسْلِمٍ لَطِيفَةٌ، وَهُوَ أَنَّهُ إِسْنَادٌ مُسَلْسَلٌ بِالنَّيْسَابُورِيِّينَ وَبِالْمُعَمَّرِينَ.
Dan terdapat dalam periwayatan kami untuk (Sahih) Muslim sebuah keunikan, yaitu bahwa sanadnya *musalsal* (berantai/berpola) dengan orang-orang Naisabur dan orang-orang yang berumur panjang (*mu'ammarin*).
فَإِنَّ رُوَاتَهُ كُلَّهُمْ مُعَمَّرُونَ، وَكُلَّهُمْ نَيْسَابُورِيُّونَ، مِنْ شَيْخِنَا أَبِي إِسْحَاقَ إِلَى مُسْلِمٍ.
Karena para perawinya semuanya berumur panjang, dan semuanya orang Naisabur, mulai dari guru kami Abu Ishaq hingga Muslim.
وَشَيْخُنَا وَإِنْ كَانَ وَاسِطِيًّا فَقَدْ أَقَامَ بِنَيْسَابُورَ مُدَّةً طَوِيلَةً، وَاللهُ أَعْلَمُ.
Adapun guru kami, meskipun beliau berasal dari Wasith, namun beliau telah bermukim di Naisabur dalam waktu yang lama, dan Allah lebih mengetahui.
أَمَّا بَيَانُ حَالِ رُوَاتِهِ، فَيَطُولُ الْكَلَامُ فِي تَقَصِّي أَخْبَارِهِمْ وَاسْتِقْصَاءِ أَحْوَالِهِمْ.
Adapun penjelasan keadaan para perawinya, maka pembicaraan akan menjadi panjang dalam menelusuri berita-berita mereka dan menyelidiki keadaan mereka secara menyeluruh.
لَكِنْ نَقْتَصِرُ عَلَى ضَبْطِ أَسْمَائِهِمْ وَأَحْرُفٍ تَتَعَلَّقُ بِحَالِ بَعْضِهِمْ.
Akan tetapi, kami membatasi diri pada pencatatan nama-nama mereka secara tepat dan beberapa poin singkat yang berkaitan dengan keadaan sebagian dari mereka.
أَمَّا شَيْخُنَا أَبُو إِسْحَاقَ فَكَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّلَاحِ وَالْمَنْسُوبِينَ إِلَى الْخَيْرِ وَالْفَلَاحِ، مَعْرُوفًا بِكَثْرَةِ الصَّدَقَاتِ وَإِنْفَاقِ الْمَالِ فِي وُجُوهِ الْمَكْرُمَاتِ.
Adapun guru kami, Abu Ishaq, beliau termasuk orang yang saleh dan dinisbatkan kepada kebaikan dan keberuntungan, dikenal dengan banyaknya sedekah dan menginfakkan harta di jalan-jalan kemuliaan.
ذَا عَفَافٍ وَعِبَادَةٍ وَوَقَارٍ وَسَكِينَةٍ وَصِيَانَةٍ بِلَا اسْتِكْبَارٍ.
Beliau memiliki sifat menjaga diri, ahli ibadah, berwibawa, tenang, dan menjaga kehormatan tanpa kesombongan.
تُوُفِّيَ رَحِمَهُ اللهُ بِالْإِسْكَنْدَرِيَّةِ الْيَوْمَ السَّابِعَ مِنْ رَجَبٍ سَنَةَ أَرْبَعٍ وَسِتِّينَ وَسِتِّمِائَةٍ.
Beliau wafat *rahimahullah* di Iskandariyah pada hari ketujuh bulan Rajab tahun enam ratus enam puluh empat.
وَأَمَّا شَيْخُ شَيْخِنَا فَهُوَ الْإِمَامُ ذُو الْكُنَى: أَبُو الْقَاسِمِ أَبُو بَكْرٍ أَبُو الْفَتْحِ مَنْصُورُ بْنُ عَبْدِ الْمُنْعِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْفَضْلِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي الْعَبَّاسِ الصَّاعِدِيُّ الْفُرَاوِيُّ ثُمَّ النَّيْسَابُورِيُّ.
Adapun guru dari guru kami, beliau adalah Imam yang memiliki banyak *kunyah*: Abu al-Qasim, Abu Bakr, Abu al-Fath Manshur bin Abdil Mun'im bin Abdillah bin Muhammad bin al-Fadhl bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Abi al-Abbas ash-Sha'idi al-Furawi kemudian an-Naisaburi.
مَنْسُوبٌ إِلَى فَرَاوَةَ، بُلَيْدَةٍ مِنْ ثَغْرِ خُرَاسَانَ، وَهُوَ بِفَتْحِ الْفَاءِ وَضَمِّهَا.
Beliau dinisbatkan ke Furawah (atau Farawah), sebuah kota kecil di perbatasan Khurasan; dan kata itu (bisa dibaca) dengan mematahkan huruf *fa'* atau mendhammahnya.
فَأَمَّا الْفَتْحُ فَهُوَ الْمَشْهُورُ الْمُسْتَعْمَلُ بَيْنَ أَهْلِ الْحَدِيثِ وَغَيْرِهِمْ.
Adapun bacaan fatah (Farawah), itu adalah yang masyhur digunakan di kalangan ahli hadis dan selain mereka.
وَكَذَا حَكَى الشَّيْخُ الْإِمَامُ الْحَافِظُ أَبُو عَمْرِو بْنُ الصَّلَاحِ رَحِمَهُ اللهُ أَنَّهُ سَمِعَ شَيْخَهُ مَنْصُورًا هَذَا رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنَّهُ الْفَرَاوِيُّ بِفَتْحِ الْفَاءِ.
Demikianlah Syekh Imam al-Hafizh Abu Amr bin ash-Shalah *rahimahullah* menceritakan bahwa beliau mendengar gurunya, Manshur ini *radhiyallahu 'anhu*, mengatakan bahwa ia adalah al-Farawi dengan fatah pada huruf *fa'*.
وَذَكَرَهُ أَبُو سَعِيدٍ السَّمْعَانِيُّ فِي كِتَابِهِ "الْأَنْسَابِ" بِضَمِّ الْفَاءِ، وَكَذَا ذَكَرَ الضَّمَّ أَيْضًا غَيْرُ السَّمْعَانِيِّ.
Namun Abu Sa'id as-Sam'ani menyebutkannya dalam kitabnya *al-Ansab* dengan dhommah pada *fa'* (al-Furawi), dan demikian pula selain as-Sam'ani menyebutkan dhommah juga.
وَكَانَ مَنْصُورٌ هَذَا جَلِيلًا شَيْخًا مُكْثِرًا ثِقَةً صَحِيحَ السَّمَاعِ، رَوَى عَنْ أَبِيهِ وَجَدِّهِ وَجَدِّ أَبِيهِ أَبِي عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ الْفَضْلِ.
Manshur ini adalah seorang yang mulia, Syekh yang banyak meriwayatkan, *tsiqah* (terpercaya), valid pendengarannya (dalam hadis); beliau meriwayatkan dari ayahnya, kakeknya, dan kakek ayahnya yaitu Abu Abdillah Muhammad bin al-Fadhl.
وَرَوَى عَنْ غَيْرِهِمْ، مَوْلِدُهُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ سَنَةَ اثْنَيْنِ وَعِشْرِينَ وَخَمْسِمِائَةٍ، وَتُوُفِّيَ بِشَازْيَاخَ نَيْسَابُورَ فِي شَعْبَانَ سَنَةَ ثَمَانٍ وَسِتِّمِائَةٍ.
Dan beliau juga meriwayatkan dari selain mereka; kelahirannya pada bulan Ramadan tahun lima ratus dua puluh dua, dan beliau wafat di Syazyakh, Naisabur pada bulan Sya'ban tahun enam ratus delapan.
وَأَمَّا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْفُرَاوِيُّ فَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ الْفَضْلِ، جَدُّ أَبِي مَنْصُورٍ النَّيْسَابُورِيُّ.
Adapun Abu Abdillah al-Furawi, beliau adalah Muhammad bin al-Fadhl, kakek dari Abu Manshur an-Naisaburi (buyutnya Manshur).
وَقَدْ تَقَدَّمَ تَمَامُ نَسَبِهِ فِي نَسَبِ ابْنِ ابْنِ ابْنِهِ مَنْصُورٍ.
Dan telah disebutkan nasab lengkapnya pada nasab cicitnya, Manshur.
كَانَ أَبُو عَبْدِ اللهِ هَذَا الْفُرَاوِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ إِمَامًا بَارِعًا فِي الْفِقْهِ وَالْأُصُولِ وَغَيْرِهِمَا، كَثِيرَ الرِّوَايَاتِ بِالْأَسَانِيدِ الصَّحِيحَةِ الْعَالِيَاتِ.
Abu Abdillah al-Furawi ini *radhiyallahu 'anhu* adalah seorang Imam yang ahli dalam fikih, usul, dan selainnya, banyak meriwayatkan dengan sanad-sanad yang sahih dan tinggi.
رَحَلَتْ إِلَيْهِ الطَّلَبَةُ مِنَ الْأَقْطَارِ، وَانْتَشَرَتِ الرِّوَايَاتُ عَنْهُ فِيمَا قَرُبَ وَبَعُدَ مِنَ الْأَمْصَارِ.
Para penuntut ilmu melakukan perjalanan kepadanya dari berbagai penjuru, dan riwayat-riwayat darinya tersebar di kota-kota yang dekat maupun yang jauh.
حَتَّى قَالُوا فِيهِ: "لِلْفُرَاوِيِّ أَلْفُ رَاوِي". وَكَانَ يُقَالُ لَهُ "فَقِيهُ الْحَرَمِ" لِإِشَاعَتِهِ وَنَشْرِهِ الْعِلْمَ بِمَكَّةَ، زَادَهَا اللهُ فَضْلًا وَشَرَفًا.
Hingga mereka berkata tentangnya: "Bagi al-Furawi ada seribu perawi." Beliau dijuluki "Fakih Tanah Haram" karena beliau menyebarkan dan menyiarkan ilmu di Makkah—semoga Allah menambah keutamaan dan kemuliaannya.
ذَكَرَهُ الْإِمَامُ الْحَافِظُ أَبُو الْقَاسِمِ الدِّمَشْقِيُّ الْمَعْرُوفُ بِابْنِ عَسَاكِرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، فَأَطْنَبَ فِي الثَّنَاءِ عَلَيْهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ.
Imam al-Hafizh Abu al-Qasim ad-Dimasyqi yang dikenal dengan Ibnu Asakir *radhiyallahu 'anhuma* menyebutkannya, lalu memuji beliau secara panjang lebar sebagaimana layaknya beliau.
ثُمَّ رَوَى عَنْ أَبِي الْحُسَيْنِ عَبْدِ الْغَافِرِ أَنَّهُ ذَكَرَهُ فَقَالَ: هُوَ فَقِيهُ الْحَرَمِ، الْبَارِعُ فِي الْفِقْهِ وَالْأُصُولِ، الْحَافِظُ لِلْقَوَاعِدِ.
Kemudian beliau meriwayatkan dari Abu al-Husain Abdul Ghafir bahwa ia menyebutkannya seraya berkata: Beliau adalah Fakih Tanah Haram, yang ahli dalam fikih dan usul, serta penghafal kaidah-kaidah.
نَشَأَ بَيْنَ الصُّوفِيَّةِ فِي حُجُورِهِمْ، وَوَصَلَ إِلَيْهِ بَرَكَاتُ أَنْفَاسِهِمْ، وَسَمِعَ التَّصَانِيفَ وَالْأُصُولَ مِنَ الْإِمَامِ زَيْنِ الْإِسْلَامِ.
Beliau tumbuh di tengah-tengah kaum sufi dalam asuhan mereka, dan sampai kepadanya keberkahan napas-napas mereka, serta beliau mendengar kitab-kitab dan usul dari Imam Zainul Islam.
وَدَرَسَ عَلَيْهِ الْأُصُولَ وَالتَّفْسِيرَ، ثُمَّ اخْتَلَفَ إِلَى مَجْلِسِ إِمَامِ الْحَرَمَيْنِ، وَلَازَمَ دَرْسَهُ مَا عَاشَ، وَتَفَقَّهَ عَلَيْهِ.
Beliau mempelajari usul dan tafsir darinya, kemudian beliau bolak-balik menghadiri majelis Imam al-Haramain, melazimi pelajarannya selama beliau hidup, dan belajar fikih darinya.
وَعَلَّقَ عَنْهُ الْأُصُولَ، وَصَارَ مِنْ جُمْلَةِ الْمَذْكُورِينَ مِنْ أَصْحَابِهِ، وَخَرَجَ حَاجًّا إِلَى مَكَّةَ، وَعَقَدَ الْمَجْلِسَ بِبَغْدَادَ وَسَائِرِ الْبِلَادِ.
Beliau mencatat usul darinya, dan menjadi salah satu yang terkemuka di antara murid-muridnya. Beliau pergi haji ke Makkah, dan mengadakan majelis ilmu di Baghdad dan negeri-negeri lainnya.
وَأَظْهَرَ الْعِلْمَ بِالْحَرَمَيْنِ، وَكَانَ مِنْهُ بِهِمَا أَثَرٌ وَذِكْرٌ وَنَشْرٌ لِلْعِلْمِ، وَعَادَ إِلَى نَيْسَابُورَ.
Beliau menampakkan ilmu di Dua Tanah Haram, dan memiliki pengaruh, sebutan, serta penyebaran ilmu di kedua tempat tersebut, lalu beliau kembali ke Naisabur.
وَمَا تَعَدَّى قَطُّ حَدَّ الْعُلَمَاءِ وَلَا سِيرَةَ الصَّالِحِينَ، مِنَ التَّوَاضُعِ وَالتَّبَذُّلِ فِي الْمَلَابِسِ وَالتَّعَايُشِ.
Beliau sama sekali tidak pernah melampaui batasan para ulama maupun jalan hidup orang-orang saleh, berupa ketawadukan, kesederhanaan dalam berpakaian, dan cara hidup.
وَتَسَتَّرَ بِكِتَابَةِ الشُّرُوطِ لِاتِّصَالِهِ بِالزُّمْرَةِ الشَّحَّامِيَّةِ مُصَاهَرَةً، لِيَصُونَ بِهَا عِرْضَهُ وَعِلْمَهُ عَنْ تَوَقُّعِ الْإِرْفَاقِ.
Beliau menutupi keadaannya dengan bekerja sebagai penulis syarat (notaris) karena hubungannya melalui pernikahan dengan kelompok asy-Syahhamiyah, untuk menjaga kehormatan dan ilmunya dari mengharapkan pemberian.
وَيَتَبَلَّغُ بِمَا يَكْتَسِبُهُ مِنْهَا فِي أَسْبَابِ الْمَعِيشَةِ مِنْ فُنُونِ الْأَرْزَاقِ، وَقَعَدَ لِلتَّدْرِيسِ فِي الْمَدْرَسَةِ النَّاصِحَةِ وَإِفَادَةِ الطَّلَبَةِ فِيهَا.
Beliau mencukupkan diri dengan apa yang beliau peroleh darinya sebagai sebab penghidupan dari berbagai jenis rezeki, dan beliau duduk mengajar di Madrasah an-Nashihah serta memberi faedah kepada para penuntut ilmu di sana.
وَقَدْ سَمِعَ الْمَسَانِيدَ وَالصِّحَاحَ، وَأَكْثَرَ عَنْ مَشَايِخِ عَصْرِهِ، وَلَهُ مَجَالِسُ الْوَعْظِ وَالتَّذْكِيرِ الْمَشْحُونَةُ بِالْفَوَائِدِ.
Beliau telah mendengar kitab-kitab Musnad dan kitab-kitab Sahih, serta banyak meriwayatkan dari guru-guru di zamannya, dan beliau memiliki majelis-majelis nasihat dan peringatan yang penuh dengan faedah.
وَالْمُبَالَغَةِ فِي النُّصْحِ وَحِكَايَاتِ الْمَشَايِخِ وَذِكْرِ أَحْوَالِهِمْ.
Serta kesungguhan dalam menasihati, kisah-kisah para Syekh, dan penyebutan keadaan mereka.
قَالَ الْحَافِظُ أَبُو الْقَاسِمِ: وَإِلَى الْإِمَامِ مُحَمَّدٍ الْفُرَاوِيِّ كَانَتْ رِحْلَتِي الثَّانِيَةُ؛ لِأَنَّهُ الْمَقْصُودُ بِالرِّحْلَةِ فِي تِلْكَ النَّاحِيَةِ.
Al-Hafizh Abu al-Qasim berkata: Dan kepada Imam Muhammad al-Furawi-lah perjalanan keduaku tertuju, karena beliaulah tujuan perjalanan (ilmiah) di wilayah tersebut.
لِمَا اجْتَمَعَ فِيهِ مِنْ عُلُوِّ الْإِسْنَادِ، وَوُفُورِ الْعِلْمِ، وَصِحَّةِ الِاعْتِقَادِ، وَحُسْنِ الْخُلُقِ.
Karena terkumpul pada dirinya ketinggian sanad, kelimpahan ilmu, kebenaran akidah, dan kebagusan akhlak.
وَلِينِ الْجَانِبِ، وَالْإِقْبَالِ بِكُلِّيَّتِهِ عَلَى الطَّالِبِ، فَأَقَمْتُ فِي صُحْبَتِهِ سَنَةً كَامِلَةً، وَغَنِمْتُ مِنْ مَسْمُوعَاتِهِ فَوَائِدَ حَسَنَةً طَائِلَةً.
Serta kelembutan sikap, dan perhatian sepenuhnya kepada penuntut ilmu. Maka aku tinggal bersamanya selama satu tahun penuh, dan aku memperoleh keuntungan dari apa yang beliau perdengarkan berupa faedah-faedah yang baik dan banyak.
وَكَانَ مُكْرِمًا لِمَوْرِدِي عَلَيْهِ، عَارِفًا بِحَقِّ قَصْدِي إِلَيْهِ، وَمَرِضَ مَرْضَةً فِي مُدَّةِ مُقَامِي عِنْدَهُ.
Beliau memuliakan kedatanganku kepadanya, mengetahui hak tujuanku kepadanya. Beliau pernah sakit sekali waktu selama masa tinggal saya di sisinya.
وَنَهَاهُ الطَّبِيبُ عَنِ التَّمْكِينِ مِنَ الْقِرَاءَةِ عَلَيْهِ فِيهَا، وَعَرَّفَهُ أَنَّ ذَلِكَ رُبَّمَا كَانَ سَبَبًا لِزِيَادَةِ تَأَلُّمِهِ.
Dokter melarangnya untuk mengizinkan pembacaan (hadis) kepadanya selama sakit, dan memberitahunya bahwa hal itu mungkin menjadi sebab bertambahnya rasa sakitnya.
فَقَالَ: لَا أَسْتَجِيزُ أَنْ أَمْنَعَهُمْ مِنَ الْقِرَاءَةِ، وَرُبَّمَا أَكُونُ قَدْ حُبِسْتُ فِي الدُّنْيَا لِأَجْلِهِمْ.
Namun beliau berkata: Aku tidak membolehkan diriku untuk melarang mereka membaca, barangkali aku ditahan di dunia ini (masih hidup) adalah demi mereka.
وَكُنْتُ أَقْرَأُ عَلَيْهِ فِي حَالِ مَرَضِهِ وَهُوَ مُلْقًى عَلَى فِرَاشِهِ، ثُمَّ عُوفِيَ مِنْ تِلْكَ الْمَرْضَةِ.
Dan aku biasa membacakan (hadis) kepadanya dalam keadaan sakitnya sementara beliau terbaring di tempat tidurnya, kemudian beliau sembuh dari sakit tersebut.
وَفَارَقْتُهُ مُتَوَجِّهًا إِلَى هَرَاةَ، فَقَالَ لِي حِينَ وَدَّعْتُهُ بَعْدَ أَنْ أَظْهَرَ الْجَزَعَ لِفِرَاقِي: "وَرُبَّمَا لَا نَلْتَقِي بَعْدَ هَذَا"، فَكَانَ كَمَا قَالَ.
Aku berpisah dengannya menuju Herat, lalu beliau berkata kepadaku saat aku berpamitan—setelah menampakkan kesedihan atas perpisahanku—: "Mungkin kita tidak akan bertemu lagi setelah ini," dan terjadilah seperti yang beliau katakan.
فَجَاءَنَا نَعْيُهُ إِلَى هَرَاةَ، وَكَانَتْ وَفَاتُهُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ شَوَّالَ سَنَةَ ثَلَاثِينَ وَخَمْسِمِائَةٍ.
Berita kematiannya sampai kepada kami di Herat, dan wafatnya terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan Syawal tahun lima ratus tiga puluh.
وَدُفِنَ فِي تُرْبَةِ أَبِي بَكْرِ بْنِ خُزَيْمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، وَذَكَرَ الْحَافِظُ أَيْضًا جُمَلًا أُخْرَى مِنْ مَنَاقِبِهِ حَذَفْتُهَا اخْتِصَارًا.
Beliau dimakamkan di pemakaman Abu Bakr bin Khuzaimah *radhiyallahu 'anhuma*. Al-Hafizh juga menyebutkan kalimat-kalimat lain dari keutamaannya yang saya hapus untuk menyingkat.
وَذَكَرَ أَبُو سَعِيدٍ السَّمْعَانِيُّ أَنَّهُ سَأَلَ أَبَا عَبْدِ اللهِ الْفُرَاوِيَّ هَذَا عَنْ مَوْلِدِهِ فَقَالَ: مَوْلِدِي تَقْدِيرًا سَنَةَ إِحْدَى وَأَرْبَعِينَ وَأَرْبَعِمِائَةٍ.
Abu Sa'id as-Sam'ani menyebutkan bahwa beliau bertanya kepada Abu Abdillah al-Furawi ini tentang kelahirannya, lalu beliau menjawab: Kelahiranku diperkirakan tahun empat ratus empat puluh satu.
قَالَ غَيْرُهُ: وَتُوُفِّيَ يَوْمَ الْخَمِيسِ الْحَادِي أَوِ الثَّانِي وَالْعِشْرِينَ مِنْ شَوَّالَ سَنَةَ ثَلَاثِينَ وَخَمْسِمِائَةٍ.
Yang lain berkata: Beliau wafat pada hari Kamis tanggal dua puluh satu atau dua puluh dua Syawal tahun lima ratus tiga puluh.
قَالَ الْحَافِظُ الشَّيْخُ أَبُو عَمْرٍو رَحْمَةُ اللهِ: لَهُ فِي عِلْمِ الْمَذْهَبِ كِتَابٌ انْتَخَبْتُ مِنْهُ فَوَائِدَ اسْتَغْرَبْتُهَا.
Al-Hafizh Syekh Abu Amr (Ibnu ash-Shalah) *rahmatullah* berkata: Beliau memiliki kitab dalam ilmu mazhab yang darinya saya memilih faedah-faedah yang saya anggap unik (jarang ditemukan).
وَسَمِعَ صَحِيحَ مُسْلِمٍ مِنْ عَبْدِ الْغَافِرِ فِي السَّنَةِ الَّتِي تُوُفِّيَ فِيهَا عَبْدُ الْغَافِرِ، سَنَةَ ثَمَانٍ وَأَرْبَعِينَ وَأَرْبَعِمِائَةٍ، بِقِرَاءَةِ أَبِي سَعِيدٍ الْبُحَيْرِيِّ رَحِمَهُ اللهُ وَرَضِيَ عَنْهُ.
Beliau mendengar Sahih Muslim dari Abdul Ghafir pada tahun wafatnya Abdul Ghafir, yaitu tahun empat ratus empat puluh delapan, dengan pembacaan Abu Sa'id al-Buhairi *rahimahullah wa radhiyallahu 'anhu*.
وَأَمَّا شَيْخُ الْفُرَاوِيِّ فَهُوَ أَبُو الْحُسَيْنِ عَبْدُ الْغَافِرِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْغَافِرِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَعِيدٍ الْفَارِسِيُّ الْفَسَوِيُّ ثُمَّ النَّيْسَابُورِيُّ التَّاجِرُ.
Adapun guru dari al-Furawi, beliau adalah Abu al-Husain Abdul Ghafir bin Muhammad bin Abdul Ghafir bin Ahmad bin Muhammad bin Sa'id al-Farisi al-Fasawi kemudian an-Naisaburi, sang Pedagang.
وَكَانَ سَمَاعُهُ صَحِيحَ مُسْلِمٍ مِنَ الْجُلُودِيِّ سَنَةَ خَمْسٍ وَسِتِّينَ وَثَلَاثِمِائَةٍ.
Pendengaran beliau terhadap Sahih Muslim dari al-Juludi adalah pada tahun tiga ratus enam puluh lima.
ذَكَرَهُ وَلَدُ وَلَدِهِ أَبُو الْحَسَنِ عَبْدُ الْغَافِرِ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عَبْدِ الْغَافِرِ الْفَارِسِيُّ الْأَدِيبُ الْإِمَامُ الْمُحَدِّثُ ابْنُ الْمُحَدِّثِ ابْنِ الْمُحَدِّثِ، صَاحِبُ التَّصَانِيفِ كَذَيْلِ تَارِيخِ نَيْسَابُورَ، وَكِتَابِ مَجْمَعِ الْغَرَائِبِ، وَالْمُفْهِمِ لِشَرْحِ غَرِيبِ صَحِيحِ مُسْلِمٍ وَغَيْرِهَا.
Beliau disebutkan oleh cucunya, Abu al-Hasan Abdul Ghafir bin Ismail bin Abdul Ghafir al-Farisi—seorang sastrawan, Imam, ahli hadis, anak seorang ahli hadis, anak seorang ahli hadis, penulis berbagai kitab seperti *Dzail Tarikh Naisabur* (Suplemen Sejarah Naisabur), kitab *Majma' al-Gharaib*, dan *al-Mufhim* untuk syarah kata-kata asing dalam Sahih Muslim, dan lainnya.
فَقَالَ: كَانَ شَيْخًا ثِقَةً صَالِحًا صَائِنًا مَحْظُوظًا مِنَ الدِّينِ وَالدُّنْيَا، مَحْدُودًا فِي الرِّوَايَةِ عَلَى قِلَّةِ سَمَاعِهِ.
Ia berkata: Beliau adalah seorang Syekh yang *tsiqah*, saleh, menjaga diri, beruntung dalam agama dan dunia, terbatas dalam periwayatan meskipun pendengarannya sedikit (tapi berkualitas/diberkahi).
مَشْهُورًا مَقْصُودًا مِنَ الْآفَاقِ، سَمِعَ مِنْهُ الْأَئِمَّةُ وَالصُّدُورُ.
Terkenal dan dituju dari berbagai penjuru; para imam dan tokoh terkemuka mendengar (hadis) darinya.
وَقَرَأَ الْحَافِظُ الْحَسَنُ السَّمَرْقَنْدِيُّ عَلَيْهِ صَحِيحَ مُسْلِمٍ نَيِّفًا وَثَلَاثِينَ مَرَّةً، وَقَرَأَهُ عَلَيْهِ أَبُو سَعِيدٍ الْبُحَيْرِيُّ نَيِّفًا وَعِشْرِينَ مَرَّةً.
Al-Hafizh al-Hasan as-Samarqandi membaca Sahih Muslim kepadanya lebih dari tiga puluh kali, dan Abu Sa'id al-Buhairi membacanya kepadanya lebih dari dua puluh kali.
وَمِمَّنْ قَرَأَهُ عَلَيْهِ مِنْ مَشَاهِيرِ الْأَئِمَّةِ زَيْنُ الْإِسْلَامِ أَبُو الْقَاسِمِ - يَعْنِي الْقُشَيْرِيَّ - وَالْوَاحِدِيُّ وَغَيْرُهُمَا.
Di antara imam-imam masyhur yang membacanya kepada beliau adalah Zainul Islam Abu al-Qasim—yakni al-Qusyairi—dan al-Wahidi, serta selain keduanya.
اسْتَكْمَلَ خَمْسًا وَتِسْعِينَ سَنَةً، وَأَلْحَقَ أَحْفَادَ الْأَحْفَادِ بِالْأَجْدَادِ، وَتُوُفِّيَ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ وَدُفِنَ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ السَّادِسَ مِنْ شَوَّالَ سَنَةَ ثَمَانٍ وَأَرْبَعِينَ وَأَرْبَعِمِائَةٍ.
Beliau menyempurnakan usia sembilan puluh lima tahun, menyambungkan cicit dengan kakek buyut (dalam periwayatan). Beliau wafat pada hari Selasa dan dimakamkan pada hari Rabu, tanggal enam Syawal tahun empat ratus empat puluh delapan.
وَقَالَ غَيْرُهُ: وُلِدَ سَنَةَ ثَلَاثٍ وَخَمْسِينَ وَثَلَاثِمِائَةٍ. وَسَمِعَ مِنْهُ أَئِمَّةُ الدُّنْيَا مِنَ الْغُرَبَاءِ وَالطَّارِئِينَ وَالْبَلَدِيِّينَ.
Yang lain berkata: Beliau lahir tahun tiga ratus lima puluh tiga. Para imam dunia, baik orang asing, pendatang, maupun penduduk setempat, mendengar (hadis) darinya.
وَبَارَكَ اللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى فِي سَمَاعِهِ وَرِوَايَتِهِ مَعَ قِلَّةِ سَمَاعِهِ، وَكَانَ الْمَشْهُورَ بِرِوَايَةِ صَحِيحِ مُسْلِمٍ وَغَرِيبِ الْخَطَّابِيِّ فِي عَصْرِهِ، وَسَمِعَ الْخَطَّابِيَّ وَغَيْرَهُ مِنْ أَهْلِ عَصْرِهِ، رَحِمَهُ اللهُ وَرَضِيَ عَنْهُ.
Allah *Subhanahu wa Ta'ala* memberkahi pendengaran dan periwayatannya meskipun pendengarannya sedikit. Beliau adalah orang yang terkenal dengan periwayatan Sahih Muslim dan *Gharib* al-Khattabi di zamannya, dan beliau mendengar dari al-Khattabi serta ulama semasa lainnya, semoga Allah merahmatinya dan meridhainya.
وَأَمَّا شَيْخُ الْفَارِسِيِّ فَهُوَ أَبُو أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَمْرَوَيْهِ بْنِ مَنْصُورٍ الزَّاهِدُ النَّيْسَابُورِيُّ الْجُلُودِيُّ، بِضَمِّ الْجِيمِ بِلَا خِلَافٍ.
Adapun guru dari al-Farisi, beliau adalah Abu Ahmad Muhammad bin Isa bin Muhammad bin Abdurrahman bin Amrawaih bin Manshur az-Zahid an-Naisaburi al-Juludi, dengan dhommah pada huruf *jim* tanpa perselisihan.
قَالَ الْإِمَامُ أَبُو سَعِيدٍ السَّمْعَانِيُّ: هُوَ مَنْسُوبٌ إِلَى الْجُلُودِ الْمَعْرُوفَةِ جَمْعِ جِلْدٍ.
Imam Abu Sa'id as-Sam'ani berkata: Beliau dinisbatkan kepada *al-Julud* (kulit-kulit) yang dikenal, bentuk jamak dari *jild*.
قَالَ الشَّيْخُ أَبُو عَمْرِو بْنُ الصَّلَاحِ رَحِمَهُ اللهُ: عِنْدِي أَنَّهُ مَنْسُوبٌ إِلَى سِكَّةِ الْجُلُودِيِّينَ بِنَيْسَابُورَ الدَّارِسَةِ.
Syekh Abu Amr bin ash-Shalah *rahimahullah* berkata: Menurut saya, beliau dinisbatkan kepada Gang al-Juludiyyin (pengrajin kulit) di Naisabur yang sudah hilang (bekasnya).
وَهَذَا الَّذِي قَالَهُ الشَّيْخُ أَبُو عَمْرٍو يُمْكِنُ حَمْلُ كَلَامِ السَّمْعَانِيِّ عَلَيْهِ.
Dan apa yang dikatakan oleh Syekh Abu Amr ini, ucapan as-Sam'ani bisa diarahkan (dimaknai) kepadanya.
وَإِنَّمَا قُلْتُ إِنَّ الْجُلُودِيَّ هَذَا بِضَمِّ الْجِيمِ بِلَا خِلَافٍ؛ لِأَنَّ ابْنَ السِّكِّيتِ وَصَاحِبَهُ ابْنَ قُتَيْبَةَ قَالَا فِي كِتَابَيْهِمَا الْمَشْهُورَيْنِ: إِنَّ الْجَلُودِيَّ بِفَتْحِ الْجِيمِ مَنْسُوبٌ إِلَى جَلُودَ، اسْمِ قَرْيَةٍ بِإِفْرِيقِيَّةَ.
Saya hanya mengatakan bahwa al-Juludi ini dengan dhommah pada *jim* tanpa perselisihan, karena Ibnu as-Sikkit dan temannya, Ibnu Qutaibah, berkata dalam dua kitab masyhur mereka: Bahwa al-Jaludi dengan fatah pada *jim* adalah nisbat kepada Jalud, nama sebuah desa di Ifriqiyah (Afrika Utara).
وَقَالَ غَيْرُهُمَا: إِنَّهَا بِالشَّامِ. وَأَرَادَ أَنَّ مَنْ نُسِبَ إِلَى هَذِهِ الْقَرْيَةِ فَهُوَ بِفَتْحِ الْجِيمِ لِكَوْنِهَا مَفْتُوحَةً.
Yang lain berkata: Desa itu ada di Syam. Ia bermaksud bahwa siapa yang dinisbatkan ke desa ini maka ia dengan fatah pada *jim*, karena nama desanya berbaris fatah.
وَأَمَّا أَبُو أَحْمَدَ الْجُلُودِيُّ فَلَيْسَ مَنْسُوبًا إِلَى هَذِهِ الْقَرْيَةِ، فَلَيْسَ فِيمَا قَالَاهُ مُخَالَفَةٌ لِمَا ذَكَرْنَاهُ، وَاللهُ أَعْلَمُ.
Adapun Abu Ahmad al-Juludi, beliau tidak dinisbatkan ke desa ini, maka tidak ada pertentangan dalam apa yang mereka berdua katakan dengan apa yang kami sebutkan, dan Allah lebih mengetahui.
قَالَ الْحَاكِمُ أَبُو عَبْدِ اللهِ: كَانَ أَبُو أَحْمَدَ هَذَا الْجُلُودِيُّ شَيْخًا صَالِحًا زَاهِدًا مِنْ كِبَارِ عُبَّادِ الصُّوفِيَّةِ.
Al-Hakim Abu Abdillah berkata: Abu Ahmad al-Juludi ini adalah seorang Syekh yang saleh, zuhud, termasuk pembesar ahli ibadah kaum sufi.
صَحِبَ أَكَابِرَ الْمَشَايِخِ مِنْ أَهْلِ الْحَقَائِقِ، وَكَانَ يَنْسَخُ الْكُتُبَ وَيَأْكُلُ مِنْ كَسْبِ يَدِهِ.
Beliau bersahabat dengan syekh-syekh besar dari kalangan ahli hakikat. Beliau biasa menyalin buku dan makan dari hasil usaha tangannya sendiri.
سَمِعَ أَبَا بَكْرِ بْنَ خُزَيْمَةَ وَمَنْ كَانَ قَبْلَهُ، وَكَانَ يَنْتَحِلُ مَذْهَبَ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ وَيَعْرِفُهُ.
Beliau mendengar (hadis) dari Abu Bakr bin Khuzaimah dan orang-orang sebelumnya, dan beliau menganut mazhab Sufyan ats-Tsauri serta memahaminya.
تُوُفِّيَ رَحِمَهُ اللهُ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ الرَّابِعَ وَالْعِشْرِينَ مِنْ ذِي الْحِجَّةِ سَنَةَ ثَمَانٍ وَسِتِّينَ وَثَلَاثِمِائَةٍ، وَهُوَ ابْنُ ثَمَانِينَ سَنَةً.
Beliau wafat *rahimahullah* pada hari Selasa tanggal dua puluh empat Dzulhijjah tahun tiga ratus enam puluh delapan, dalam usia delapan puluh tahun.
قَالَ الْحَاكِمُ: وَخُتِمَ لِوَفَاتِهِ سَمَاعُ صَحِيحِ مُسْلِمٍ، وَكُلُّ مَنْ حَدَّثَ بِهِ بَعْدَهُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ وَغَيْرِهِ فَلَيْسَ بِثِقَةٍ، وَاللهُ أَعْلَمُ.
Al-Hakim berkata: Dengan wafatnya, tertutuplah pendengaran Sahih Muslim (yang *ali*/tinggi). Setiap orang yang meriwayatkannya setelah beliau dari Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan dan selainnya, maka dia bukan orang yang *tsiqah* (terpercaya), dan Allah lebih mengetahui.
وَأَمَّا شَيْخُ الْجُلُودِيِّ فَهُوَ السَّيِّدُ الْجَلِيلُ أَبُو إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ النَّيْسَابُورِيُّ، الْفَقِيهُ الزَّاهِدُ الْمُجْتَهِدُ الْعَابِدُ.
Adapun guru dari al-Juludi, beliau adalah Tuan yang mulia, Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan an-Naisaburi, seorang fakih, zuhud, mujtahid, dan ahli ibadah.
قَالَ الْحَاكِمُ أَبُو عَبْدِ اللهِ بْنُ الْبَيِّعِ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ يَزِيدَ الْعَدْلَ يَقُولُ: كَانَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ مُجَابَ الدَّعْوَةِ.
Al-Hakim Abu Abdillah Ibn al-Bayyi' berkata: Aku mendengar Muhammad bin Yazid al-Adl berkata: Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan adalah orang yang dikabulkan doanya.
قَالَ الْحَاكِمُ: وَسَمِعْتُ أَبَا عَمْرِو بْنَ نُجَيْدٍ يَقُولُ: إِنَّهُ كَانَ مِنَ الصَّالِحِينَ.
Al-Hakim berkata: Aku mendengar Abu Amr bin Nujaid berkata: Sesungguhnya beliau termasuk orang-orang yang saleh.
قَالَ الْحَاكِمُ: كَانَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ سُفْيَانَ مِنَ الْعُبَّادِ الْمُجْتَهِدِينَ، وَمِنَ الْمُلَازِمِينَ لِمُسْلِمِ بْنِ الْحَجَّاجِ.
Al-Hakim berkata: Ibrahim bin Sufyan termasuk ahli ibadah yang bersungguh-sungguh, dan termasuk orang yang melazimi Muslim bin al-Hajjaj.
وَكَانَ مِنْ أَصْحَابِ أَيُّوبَ بْنِ الْحَسَنِ الزَّاهِدِ صَاحِبِ الرَّأْيِ، يَعْنِي الْفَقِيهَ الْحَنَفِيَّ.
Beliau termasuk sahabat Ayyub bin al-Hasan az-Zahid, pengikut *Ra'yu* (akal/logika hukum)—maksudnya fakih bermazhab Hanafi.
سَمِعَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ سُفْيَانَ بِالْحِجَازِ وَنَيْسَابُورَ وَالرَّيِّ وَالْعِرَاقِ.
Ibrahim bin Sufyan mendengar (hadis) di Hijaz, Naisabur, Rayy, dan Irak.
قَالَ إِبْرَاهِيمُ: فَرَغَ لَنَا مُسْلِمٌ مِنْ قِرَاءَةِ الْكِتَابِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ سَنَةَ سَبْعٍ وَخَمْسِينَ وَمِائَتَيْنِ.
Ibrahim berkata: Muslim selesai membacakan kitab ini kepada kami pada bulan Ramadan tahun dua ratus lima puluh tujuh.
قَالَ الْحَاكِمُ: مَاتَ إِبْرَاهِيمُ فِي رَجَبٍ سَنَةَ ثَمَانٍ وَثَلَاثِمِائَةٍ، رَحِمَهُ اللهُ وَرَضِيَ عَنْهُ.
Al-Hakim berkata: Ibrahim wafat pada bulan Rajab tahun tiga ratus delapan, semoga Allah merahmatinya dan meridhainya.
وَأَمَّا شَيْخُ إِبْرَاهِيمَ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ فَهُوَ الْإِمَامُ مُسْلِمٌ صَاحِبُ الْكِتَابِ.
Adapun guru dari Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan, beliau adalah Imam Muslim, penulis kitab ini.
وَهُوَ أَبُو الْحُسَيْنِ مُسْلِمُ بْنُ الْحَجَّاجِ بْنِ مُسْلِمٍ الْقُشَيْرِيُّ نَسَبًا، النَّيْسَابُورِيُّ وَطَنًا، عَرَبِيٌّ صَلِيبَةً.
Beliau adalah Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim, al-Qusyairi secara nasab, an-Naisaburi secara tanah air, seorang Arab murni.
وَهُوَ أَحَدُ أَعْلَامِ أَئِمَّةِ هَذَا الشَّأْنِ، وَكِبَارِ الْمُبَرِّزِينَ فِيهِ، وَأَهْلِ الْحِفْظِ وَالْإِتْقَانِ.
Beliau adalah salah satu tokoh utama para imam dalam bidang ini, tokoh besar yang menonjol di dalamnya, serta ahli hafalan dan ketelitian.
وَالرَّحَّالِينَ فِي طَلَبِهِ إِلَى أَئِمَّةِ الْأَقْطَارِ وَالْبُلْدَانِ، وَالْمُعْتَرَفِ لَهُ بِالتَّقَدُّمِ فِيهِ بِلَا خِلَافٍ عِنْدَ أَهْلِ الْحِذْقِ وَالْعِرْفَانِ.
Dan termasuk mereka yang melakukan banyak perjalanan dalam menuntut ilmu kepada para imam di berbagai wilayah dan negeri, serta diakui keunggulan beliau di dalamnya tanpa perselisihan di kalangan ahli kepandaian dan pengetahuan.
وَالْمَرْجُوعِ إِلَى كِتَابِهِ، وَالْمُعْتَمَدِ عَلَيْهِ فِي كُلِّ الْأَزْمَانِ.
Yang kitabnya menjadi rujukan, dan menjadi sandaran di segala zaman.
سَمِعَ بِخُرَاسَانَ يَحْيَى بْنَ يَحْيَى وَإِسْحَاقَ بْنَ رَاهَوَيْهِ وَغَيْرَهُمَا.
Beliau mendengar (hadis) di Khurasan dari Yahya bin Yahya, Ishaq bin Rahawaih, dan selain keduanya.
وَبِالرَّيِّ مُحَمَّدَ بْنَ مِهْرَانَ الْجَمَّالَ - بِالْجِيمِ - وَأَبَا غَسَّانَ وَغَيْرَهُمَا.
Di Rayy dari Muhammad bin Mihran al-Jammal—dengan huruf *jim*—, Abu Ghassan, dan selain keduanya.
وَبِالْعِرَاقِ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ وَعَبْدَ اللهِ بْنَ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيَّ وَغَيْرَهُمَا.
Di Irak dari Ahmad bin Hanbal, Abdullah bin Maslamah al-Qa'nabi, dan selain keduanya.
وَبِالْحِجَازِ سَعِيدَ بْنَ مَنْصُورٍ وَأَبَا مُصْعَبٍ وَغَيْرَهُمَا.
Di Hijaz dari Sa'id bin Manshur, Abu Mush'ab, dan selain keduanya.
وَبِمِصْرَ عَمْرَو بْنَ سَوَادٍ وَحَرْمَلَةَ بْنَ يَحْيَى وَغَيْرَهُمَا، وَخَلَائِقَ كَثِيرِينَ.
Di Mesir dari Amr bin Sawad, Harmalah bin Yahya, selain keduanya, dan banyak orang lainnya.
رَوَى عَنْهُ جَمَاعَاتٌ مِنْ كِبَارِ أَئِمَّةِ عَصْرِهِ وَحُفَّاظِهِ، وَفِيهِمْ جَمَاعَاتٌ فِي دَرَجَتِهِ.
Meriwayatkan darinya sekelompok besar imam-imam utama di zamannya dan para penghafal hadisnya, dan di antara mereka ada kelompok yang sederajat dengannya.
فَمِنْهُمْ أَبُو حَاتِمٍ الرَّازِيُّ، وَمُوسَى بْنُ هَارُونَ، وَأَحْمَدُ بْنُ سَلَمَةَ، وَأَبُو عِيسَى التِّرْمِذِيُّ.
Di antara mereka adalah Abu Hatim ar-Razi, Musa bin Harun, Ahmad bin Salamah, dan Abu Isa at-Tirmidzi.
وَأَبُو بَكْرِ بْنُ خُزَيْمَةَ، وَيَحْيَى بْنُ صَاعِدٍ، وَأَبُو عَوَانَةَ الْإِسْفَرَايِينِيُّ، وَآخَرُونَ لَا يُحْصَوْنَ.
Juga Abu Bakr bin Khuzaimah, Yahya bin Sha'id, Abu Awanah al-Isfarayini, dan orang-orang lain yang tak terhitung jumlahnya.
وَصَنَّفَ مُسْلِمٌ رَحِمَهُ اللهُ فِي عِلْمِ الْحَدِيثِ كُتُبًا كَثِيرَةً، مِنْهَا هَذَا الْكِتَابُ الصَّحِيحُ.
Muslim *rahimahullah* mengarang banyak kitab dalam ilmu hadis, di antaranya adalah kitab Sahih ini.
الَّذِي مَنَّ اللهُ الْكَرِيمُ - وَلَهُ الْحَمْدُ وَالنِّعْمَةُ وَالْفَضْلُ وَالْمِنَّةُ - بِهِ عَلَى الْمُسْلِمِينَ.
Yang dengannya Allah Yang Maha Pemurah—dan bagi-Nya segala puji, nikmat, keutamaan, dan karunia—memberikan anugerah kepada kaum Muslimin.
وَأَبْقَى لِمُسْلِمٍ بِهِ ذِكْرًا جَمِيلًا وَثَنَاءً حَسَنًا إِلَى يَوْمِ الدِّينِ.
Dan dengannya Allah mengekalkan bagi Muslim sebutan yang indah dan pujian yang baik hingga hari kiamat.
وَمِنْهَا كِتَابُ الْمُسْنَدِ الْكَبِيرِ عَلَى أَسْمَاءِ الرِّجَالِ، وَكِتَابُ الْجَامِعِ الْكَبِيرِ عَلَى الْأَبْوَابِ.
Di antaranya juga kitab *al-Musnad al-Kabir* berdasarkan nama-nama perawi, dan kitab *al-Jami' al-Kabir* berdasarkan bab-bab.
وَكِتَابُ الْعِلَلِ، وَكِتَابُ أَوْهَامِ الْمُحَدِّثِينَ، وَكِتَابُ التَّمْيِيزِ، وَكِتَابُ مَنْ لَيْسَ لَهُ إِلَّا رَاوٍ وَاحِدٌ، وَكِتَابُ طَبَقَاتِ التَّابِعِينَ، وَكِتَابُ الْمُخَضْرَمِينَ، وَغَيْرُ ذَلِكَ.
Serta kitab *al-'Ilal* (cacat hadis), kitab *Auham al-Muhadditsin* (kekeliruan ahli hadis), kitab *at-Tamyiz*, kitab *Man Laisa Lahu Illa Rawin Wahid* (Perawi yang hanya memiliki satu periwayat), kitab *Thabaqat at-Tabi'in*, kitab *al-Mukhadhramin*, dan lain-lain.
قَالَ الْحَافِظُ أَبُو عَبْدِ اللهِ: حَدَّثَنَا أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ سَلَمَةَ يَقُولُ: رَأَيْتُ أَبَا زُرْعَةَ وَأَبَا حَاتِمٍ يُقَدِّمَانِ مُسْلِمَ بْنَ الْحَجَّاجِ فِي مَعْرِفَةِ الصَّحِيحِ عَلَى مَشَايِخِ عَصْرِهِمَا.
Al-Hafizh Abu Abdillah berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu al-Fadhl Muhammad bin Ibrahim, ia berkata: Aku mendengar Ahmad bin Salamah berkata: Aku melihat Abu Zur'ah dan Abu Hatim mendahulukan Muslim bin al-Hajjaj dalam pengetahuan tentang hadis sahih di atas guru-guru di zaman mereka.
وَفِي رِوَايَةٍ: "فِي مَعْرِفَةِ الْحَدِيثِ". قُلْتُ: وَمَنْ حَقَّقَ نَظَرَهُ فِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ رَحِمَهُ اللهُ.
Dan dalam riwayat lain: "Dalam pengetahuan hadis." Saya (An-Nawawi) berkata: Barang siapa yang meneliti dengan cermat Sahih Muslim *rahimahullah*.
وَاطَّلَعَ عَلَى مَا أَوْرَدَهُ فِي أَسَانِيدِهِ وَتَرْتِيبِهِ وَحُسْنِ سِيَاقَتِهِ وَبَدِيعِ طَرِيقَتِهِ، مِنْ نَفَائِسِ التَّحْقِيقِ وَجَوَاهِرِ التَّدْقِيقِ.
Dan menelaah apa yang beliau cantumkan dalam sanad-sanadnya, urutannya, kebagusan susunannya, dan keindahan metodenya, berupa permata-permata verifikasi dan mutiara-mutiara ketelitian.
وَأَنْوَاعِ الْوَرَعِ وَالِاحْتِيَاطِ وَالتَّحَرِّي فِي الرِّوَايَةِ، وَتَلْخِيصِ الطُّرُقِ وَاخْتِصَارِهَا.
Serta berbagai bentuk kewaraan, kehati-hatian, dan kesungguhan dalam periwayatan, ringkasan jalur-jalur periwayatan dan pemendekannya.
وَضَبْطِ مُتَفَرِّقِهَا وَانْتِشَارِهَا، وَكَثْرَةِ اطِّلَاعِهِ وَاتِّسَاعِ رِوَايَتِهِ، وَغَيْرِ ذَلِكَ.
Dan penguasaan terhadap bagian-bagiannya yang terpisah dan tersebar, banyaknya penelaahan beliau, luasnya periwayatan beliau, dan hal-hal lainnya.
مِمَّا فِيهِ مِنَ الْمَحَاسِنِ وَالْأُعْجُوبَاتِ وَاللَّطَائِفِ الظَّاهِرَاتِ وَالْخَفِيَّاتِ، عَلِمَ أَنَّهُ إِمَامٌ لَا يَلْحَقُهُ مَنْ بَعْدَ عَصْرِهِ.
Dari apa yang terkandung di dalamnya berupa keindahan, keajaiban, dan kelembutan-kelembutan yang tampak maupun yang tersembunyi, niscaya ia mengetahui bahwa beliau adalah seorang Imam yang tak terkejar oleh orang-orang setelah zamannya.
وَقَلَّ مَنْ يُسَاوِيهِ بَلْ يُدَانِيهِ مِنْ أَهْلِ وَقْتِهِ وَدَهْرِهِ، وَذَلِكَ فَضْلُ اللهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ، وَاللهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ.
Dan sedikit sekali orang yang menyamainya, bahkan yang mendekatinya dari orang-orang di waktu dan masanya. Itu adalah karunia Allah yang Dia berikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Pemilik karunia yang agung.
وَأَنَا أَقْتَصِرُ مِنْ أَخْبَارِهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَلَى هَذَا الْقَدْرِ، فَإِنَّ أَحْوَالَهُ رَحِمَهُ اللهُ وَمَنَاقِبَهُ لَا تُسْتَقْصَى لِبُعْدِهَا عَنْ أَنْ تُحْصَى.
Dan saya mencukupkan diri dengan kadar ini dari berita-berita beliau *radhiyallahu 'anhu*, karena keadaan beliau *rahimahullah* dan manaqib (keutamaan) beliau tidak mungkin ditelusuri seluruhnya karena saking banyaknya hingga tak terhitung.
وَقَدْ دَلَلْتُ بِمَا ذَكَرْتُ مِنَ الْإِشَارَةِ إِلَى حَالَتِهِ عَلَى مَا أَهْمَلْتُ مِنْ جَمِيلِ طَرِيقَتِهِ.
Sungguh saya telah menunjukkan—dengan apa yang saya sebutkan berupa isyarat tentang keadaannya—terhadap apa yang saya abaikan dari keindahan metodenya.
وَاللهَ الْكَرِيمَ أَسْأَلُهُ أَنْ يُجْزِلَ فِي مَثُوبَتِهِ، وَأَنْ يَجْمَعَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ مَعَ أَحِبَّائِنَا فِي دَارِ كَرَامَتِهِ، بِفَضْلِهِ وَجُودِهِ وَلُطْفِهِ وَرَحْمَتِهِ.
Dan kepada Allah Yang Maha Pemurah saya memohon agar Dia melimpahkan pahala-Nya, dan mengumpulkan antara kami dan beliau bersama orang-orang yang kami cintai di negeri kemuliaan-Nya (surga), dengan karunia, kedermawanan, kelembutan, dan rahmat-Nya.
وَقَدْ قَدَّمْتُ أَنْ أُوثِرَ الِاخْتِصَارَ، وَأُحَاذِرَ التَّطْوِيلَ الْمُمِلَّ وَالْإِكْثَارَ.
Dan saya telah mengemukakan sebelumnya bahwa saya lebih memilih keringkasan, dan menghindari perpanjangan yang membosankan serta memperbanyak kata.
تُوُفِّيَ مُسْلِمٌ رَحِمَهُ اللهُ بِنَيْسَابُورَ سَنَةَ إِحْدَى وَسِتِّينَ وَمِائَتَيْنِ.
Muslim *rahimahullah* wafat di Naisabur pada tahun dua ratus enam puluh satu.
قَالَ الْحَاكِمُ أَبُو عَبْدِ اللهِ بْنُ الْبَيِّعِ فِي كِتَابِ "الْمُزَكِّينَ لِرُوَاةِ الْأَخْبَارِ": سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللهِ بْنَ الْأَخْرَمِ الْحَافِظَ رَحِمَهُ اللهُ يَقُولُ:
Al-Hakim Abu Abdillah Ibn al-Bayyi' berkata dalam kitab "Para Pemberi Rekomendasi Perawi Berita": Aku mendengar Abu Abdillah bin al-Akhram al-Hafizh *rahimahullah* berkata:
تُوُفِّيَ مُسْلِمُ بْنُ الْحَجَّاجِ رَحِمَهُ اللهُ عَشِيَّةَ الْأَحَدِ، وَدُفِنَ يَوْمَ الْاثْنَيْنِ، لِخَمْسٍ بَقِينَ مِنْ رَجَبٍ سَنَةَ إِحْدَى وَسِتِّينَ وَمِائَتَيْنِ، وَهُوَ ابْنُ خَمْسٍ وَخَمْسِينَ سَنَةً، رَحِمَهُ اللهُ وَرَضِيَ عَنْهُ.
Muslim bin al-Hajjaj *rahimahullah* wafat pada Ahad petang, dan dimakamkan pada hari Senin, lima hari tersisa dari bulan Rajab (tanggal 25 Rajab) tahun dua ratus enam puluh satu, dalam usia lima puluh lima tahun. Semoga Allah merahmatinya dan meridhainya.
صَحِيحُ مُسْلِمٍ رَحِمَهُ اللهُ فِي نِهَايَةٍ مِنَ الشُّهْرَةِ، وَهُوَ مُتَوَاتِرٌ عَنْهُ مِنْ حَيْثُ الْجُمْلَةِ.
Sahih Muslim *rahimahullah* berada pada puncak kemasyhuran, dan kitab ini mutawatir dari beliau secara keseluruhan.
فَالْعِلْمُ الْقَطْعِيُّ حَاصِلٌ بِأَنَّهُ تَصْنِيفُ أَبِي الْحُسَيْنِ مُسْلِمِ بْنِ الْحَجَّاجِ.
Maka ilmu yang pasti (*qath'i*) telah tercapai bahwa ia adalah karangan Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj.
وَأَمَّا مِنْ حَيْثُ الرِّوَايَةُ الْمُتَّصِلَةُ بِالْإِسْنَادِ الْمُتَّصِلِ بِمُسْلِمٍ، فَقَدِ انْحَصَرَتْ طَرِيقُهُ عِنْدَنَا فِي هَذِهِ الْبُلْدَانِ وَالْأَزْمَانِ فِي رِوَايَةِ أَبِي إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سُفْيَانَ عَنْ مُسْلِمٍ.
Adapun dari sisi periwayatan yang bersambung dengan sanad yang bersambung kepada Muslim, maka jalurnya di negeri-negeri dan zaman-zaman ini telah terbatas pada periwayatan Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan dari Muslim.
وَيُرْوَى فِي بِلَادِ الْمَغْرِبِ مَعَ ذَلِكَ عَنْ أَبِي مُحَمَّدٍ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيٍّ الْقَلَانِسِيِّ عَنْ مُسْلِمٍ.
Dan diriwayatkan di negeri-negeri Maghrib (Barat/Afrika Utara) bersamaan dengan itu dari Abu Muhammad Ahmad bin Ali al-Qalanisi dari Muslim.
وَرَوَاهُ عَنِ ابْنِ سُفْيَانَ جَمَاعَةٌ، مِنْهُمُ الْجُلُودِيُّ.
Dan meriwayatkan dari Ibnu Sufyan sekelompok orang, di antaranya al-Juludi.
وَعَنِ الْجُلُودِيِّ جَمَاعَةٌ، مِنْهُمُ الْفَارِسِيُّ.
Dan dari al-Juludi (meriwayatkan) sekelompok orang, di antaranya al-Farisi.
وَعَنْهُ جَمَاعَةٌ، مِنْهُمُ الْفُرَاوِيُّ.
Dan dari beliau (al-Farisi, meriwayatkan) sekelompok orang, di antaranya al-Furawi.
وَعَنْهُ خَلَائِقُ، مِنْهُمْ مَنْصُورٌ.
Dan dari beliau (al-Furawi, meriwayatkan) banyak orang, di antaranya Manshur.
وَعَنْهُ خَلَائِقُ، مِنْهُمْ شَيْخُنَا أَبُو إِسْحَاقَ.
Dan dari beliau (Manshur, meriwayatkan) banyak orang, di antaranya guru kami Abu Ishaq.
قَالَ الشَّيْخُ الْإِمَامُ الْحَافِظُ أَبُو عَمْرِو بْنُ الصَّلَاحِ رَحِمَهُ اللهُ: وَأَمَّا الْقَلَانِسِيُّ فَوَقَعَتْ رِوَايَتُهُ عِنْدَ أَهْلِ الْغَرْبِ، وَلَا رِوَايَةَ لَهُ عِنْدَ غَيْرِهِمْ.
Syekh Imam al-Hafizh Abu Amr bin ash-Shalah *rahimahullah* berkata: Adapun al-Qalanisi, maka periwayatannya terdapat di kalangan penduduk Barat (Maghrib), dan tidak ada periwayatannya di kalangan selain mereka.
دَخَلَتْ رِوَايَتُهُ إِلَيْهِمْ مِنْ جِهَةِ أَبِي عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ الْحَذَّاءِ التَّمِيمِيِّ الْقُرْطُبِيِّ وَغَيْرِهِ.
Periwayatannya masuk kepada mereka dari arah Abu Abdillah Muhammad bin Yahya bin al-Hadzdza' at-Tamimi al-Qurthubi dan selainnya.
سَمِعُوهَا بِمِصْرَ مِنْ أَبِي الْعَلَاءِ عَبْدِ الْوَهَّابِ بْنِ عِيسَى بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مَاهَانَ الْبَغْدَادِيِّ.
Mereka mendengarnya di Mesir dari Abu al-'Ala' Abdul Wahhab bin Isa bin Abdurrahman bin Mahan al-Baghdadi.
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى الْأَشْقَرُ الْفَقِيهُ عَلَى مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ.
Beliau berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Ahmad bin Muhammad bin Yahya al-Asyqar, seorang fakih bermazhab Syafi'i.
قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ الْقَلَانِسِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُسْلِمٌ، إِلَّا ثَلَاثَةَ أَجْزَاءٍ مِنْ آخِرِ الْكِتَابِ.
Beliau berkata: Telah menceritakan kepada kami Abu Muhammad al-Qalanisi, beliau berkata: Telah menceritakan kepada kami Muslim, kecuali tiga juz dari akhir kitab.
أَوَّلُهَا حَدِيثُ الْإِفْكِ الطَّوِيلُ.
Permulaan dari (tiga juz tersebut) adalah hadis al-Ifk (berita bohong) yang panjang.
فَإِنَّ أَبَا الْعَلَاءِ بْنَ مَاهَانَ كَانَ يَرْوِي ذَلِكَ عَنْ أَبِي أَحْمَدَ الْجُلُودِيِّ عَنِ ابْنِ سُفْيَانَ عَنْ مُسْلِمٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ.
Karena Abu al-'Ala' bin Mahan meriwayatkan bagian tersebut dari Abu Ahmad al-Juludi, dari Ibnu Sufyan, dari Muslim *radhiyallahu 'anhu*.
---
*Tidak terdapat catatan kaki pada teks sumber.*
*Catatan kaki tidak ditemukan pada teks sumber.*
Komentar
Posting Komentar